Sabtu, 23 Agustus 2008

Beli rumah tanpa keluar uang ??!!

Saya yakin kita sering melihat, membaca atau mendengar kalimat seperti pada judul diatas, atau ada yang belum pernah mendengar sama sekali ? Kalimat itu sering di kemukakan oleh para investor ataupun motivator seperti Robert Kiyosaki ataupun James kalo di Indonesia yang telah berhasil membeli properti seharga milyaran tanpa keluar uang malah dapat cashback.
Saya juga sangat yakin banyak yang membantah atau bahkan mencibir hal tersebut, karena dianggap sesuatu yang mustahil. Tapi bagi yang mau belajar ternyata sesuatu yang kelihatan nya mustahil akan menjadi sesuatu yang wajar apabila kita tahu rahasianya. Dan rahasia tersebut telah dibahas secara cukup detail oleh Pak Budi Rahmat. Mereka telah berhasil untuk membeli rumah tanpa keluar uang dengan nilai ratusan juta ataupun milyaran yang masih sulit diterima akal sehat dan normal (maaf bukan berarti yang bisa menerima itu tidak sehat dan tidak normal lho).
Saya ingin memberikan sebuah contoh sederhana yang telah saya praktekkan.
Ketika saya pingin punya rumah tapi tabungan nggak mencukupi, maka pilihan yang paling mungkin adalah utang di bank. Agar rumah yang akan dibangun tidak menjadi liabiliti maka harus ada rencana cerdas untuk mengantisipasinya. Pilihannya adalah rumah sekaligus tempat usaha. Saya kemudian mengajukan utang senilai 35 juta dengan lama kredit 8 tahun dengan angsuran 730 ribu perbulan (alhamdulillah saya PNS jadi lebih mudah untuk nyari utang). Dengan prinsip "asal rumah bisa ditempati" dengan dana tersebut dan tambahan dari sedikit tabungan maka jadilah rumah seperti ini

Agar rumah tersebut berubah menjadi asset maka dari awal sudah saya konsep sebuah warung untuk jualan. Dan alhamdulillah dari warung tersebut saat ini telah memberikan income yang lebih dari cukup untuk membayar angsuran ke bank sebesar 730 ribu rupiah per bulan. Artinya saya bikin rumah dengan bantuan pinjaman dari bank dan konsumen yang membayar cicilannya bahkan saya masih dapat sisa uang lebih. Cukup sederhana kan ? Dan saya yakin konsep semacam itu yang diterapkan oleh orang-orang yang percaya dengan "beli rumah tanpa keluar duit" hanya dalam skala dan volume yang berbeda2 tergantung kemampuan masing-masing, ada yang ribuan, jutaan, bahkan milyaran.

2 komentar:

Iis Sri Rahayu mengatakan...

Bagus euy rumahnya! Semoga bermanfaat dan membawa berkah buat rafi n bapak ibunya...

Anonim mengatakan...

Sebenernya konsep seperti ini udah berlangsung lama. Hanya kita ndak menyadarinya, sampe saat si Kiyosaki sesumbar "beli property tanpa memakai uwang sendiri".

Statement Kiyosaki ( saat itu ) sangat menohok dan sepertinya inspiratif.

Padahal mestinya biyasa ajah, ndak hebat-hebat amat.

Babeh sayah taon 70 an saat mobil Kijang bentuknya mingsih aneh, udah melakukeun hal nyang sama.

Saat ituh ( 1978 ) dapet kredit Kijang dari Mataram Motor di jl. Solo. Oleh bapak sayah mobil ituh di omprengin buwat ngangkut sayur, gabah, beras dll.

Pokoknya disewakeunlah.

Dari sewa ituh dibukukeun dengan rapi termasuk penyusutannya. Sayah kebagiyan mencatat semuwanya.

Dari situh sayah tau, bahwa bapak sayah mbeli Kijang make duwit orang secara gratis.

Asyiknya, dalam 4 bulan kijang beranak jadi 8....